Lifestyle- Namanya hobi, harus selalu dipenuhi biar dapat memperoleh kepuasan hati. Meski harus merogoh kocek dan merelakan gaji, nggak masalah lagi! Yang unik, hobi memelihara tanaman sultan sedang jadi tren dan perbincangan. Agak bikin geleng-geleng kepala karena kalau dikulik, harganya bisa bikin mata mendelik!

Anggrek Hitam

4 tanaman sultan yang lebih mahal dari umr setahun di yogyakarta

Eksotis abis, nggak heran kalau harganya bisa bikin rekening nangis. Anggrek hitam itu tanaman endemik dari bumi Papua yang langka. Makanya harga anggrek hitam bisa menembus sampai Rp 100 juta. Sesuai namanya, tanaman sultan yang satu ini punya warna hitam pekat merata hampir di seluruh bagian. Tapi di bagian tengahnya, makin eksotis karena mereka punya warna yang berbeda seperti ungu atau merah yang menghasilkan paduan warna menawan.

Janda Bolong

4 tanaman sultan yang lebih mahal dari umr setahun di yogyakarta

Tanaman ini nggak berasal dari Indonesia, melainkan dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Yang unik, Janda Bolong atau Monstera obliqua ini punya daun cukup lebar dengan beberapa celah atau bolong yang terbentuk karena mekanisme alami dari adaptasi mencari sinar matahari. Harganya? Bisa tembus Rp 120 juta untuk tiga helai daun.

Monstera Deliciosa Variegata

4 tanaman sultan yang lebih mahal dari umr setahun di yogyakarta

Daunnya punya bentuk yang cantik banget. Lebar, berlubang, dengan komposisi warna unik yaitu hijau-putih atau hijau kekuningan. Harganya juga bikin nganga, ada yang dijual mulai ratusan ribu hingga Rp 95 juta.

Philodendron Billietiae

4 tanaman sultan yang lebih mahal dari umr setahun di yogyakarta

Tanaman ini asalnya dari Brasil, Guyana, dan Prancis. Philodendron Billietiae dikenal karena tangkai daun orange-kuning khas bergelombang dengan tepi daun bergerigi. Harganya? Bisa sampai Rp 10 juta Bro!

Gimana? Tertarik buat memelihara mereka? Siap-siap rogoh kocek lebih dalam dan gali info menarik lain.