Ir H Edi Novian mungkin tak asing lagi di publik Mukomuko, dirinya merupakan Ipar Mantan Bupati Kaur Hermen Malik dan pernah menjajaki dunia birokrasi sebagai Kadis Pariwisata dan Pertanian Provinsi Bengkulu di Era Agusrin dan Era Junaidi Hamzah.

Edi blak-blakkan menyatakan dukungan kepada Rohidin-Rosjonsyah yang merupakan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Nomor Urut 2. Hal ini bukan tanpa alasan, dirinya melihat Rohidin mempunyai jiwa yang adil dan merangkul di setiap kebijakan terlihat dari semua pemerataan pembangunan serta peningkatan kesejahteraan. Dirinya mengakui sebagai masyarakat Mukomuko dirinya sangat bersyukur memiliki Gubernur seperti Rohidin yang telah berbuat banyak meski baru menjabat kurang lebih 2 tahun.

“Pak Rohidin ini orangnya adil dan mampu mengayomi keberagaman masyarakat Provinsi Bengkulu, justru kita bangga punya Gubernur seperti ini. Khusus di Mukomuko, dia sudah banyak berbuat mulai dari pembangunan jalan dan sektor lainnya,” ujar Edi didampingi Mantan Sekda Mukomuko Era Bupati Mandeka Amir dan Iwan Yunus, H Saukani Dauhari.

“Kita tidak usah lagi lirik-lirik yang lain lagi, saya mengajak masyarakat Mukomuko pilihlah Putra Daerah yang punya integritas dan cerdas ini. Tetapkan hati, bulatkan tekad untuk bersama-sama mendukung dan turut menjadi bagian kemenangan Rohidin-Rosjonsyah menuju Bengkulu Maju, Sejahtera dan Hebat,” sambungnya.

Berikut Ulasan kerja nyata Rohidin untuk Kabupaten Mukomuko di berbagai sektor :

Kali ini mari kita ulas beberapa kerja nyata Rohidin untuk masyarakat Mukomuko diberbagai sektor :

1. Infrastruktur

Terhimpun data bahwa selama Kepemimpinannya Rohidin telah menormalisasi 80 Km dari 96 Km total jalan kewenangan Pemerintah Provinsi Bengkulu di Kabupaten Mukomuko :

Ruas jalan dan jembatan yang dibangun :
– Akses Jalan Wisata Danau Nibung
– Jalan Tanah Reka-Simpang 4 Teras Terunjam
– Jalan Penarik-Lubuk Pinang
– Jalan Lubuk Gedang-Simpang 4 Agung Jaya
– Jalan Simpang 3 Selagan Raya

Total Anggaran yang telah di gelontorkan Pemprov Bengkulu di antaranya :
2017 : 24 M
2018 : 51,3 M
2019 : 37,5 M total keseluruhan 112,8 M,

2. Kesejahteraan Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) jajaran Pemerintah Provinsi Bengkulu :

Dr H Rohidin Mersyah menyerahkan 458 SK GTT/PTT di Kabupaten Mukomuko yang langsung diserahkannya pada Senin (24/02/2020) bertempat di Aula MAN 2 Mukomuko didampingi langsung Bupati Mukomuko H Choirul Huda SH dan Sekda Kabupaten Mukomuko Drs H Marjohan.

Dengan di SK-kannya Para GTT/PTT Mukomuko yang berada di jajaran Pemprov Bengkulu ini mereka berhak :

GTT/PTT akan menerima 14 Bulan Gaji dalam satu tahun yang meliputi insentif pokok 12 bulan, 1 kali gaji 13 serta 1 kali THR
Diberi jaminan terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan
Terdaftar dalam sistem kepegawaian GTT/PTT yang diurutkan dari Usia, Lama Bekerja dan lain sebagainya, (Seandainya ada kebijakan pengangkatan dari Pusat maka Sistem Kepegawaian ini akan dipergunakan oleh Pemprov Bengkulu)

3. Sektor Komoditi,

Pada Poin ini bertahap Para Petani mulai merasakan dampaknya tidak hanya di Mukomuko namun juga di seluruh Provinsi Bengkulu

A. Sawit

Dalam pengembangan Kawasan Pulau Baai, Rohidin menyampaikan inisiasinya untuk pengembangan Terminal Curah Cair untuk komoditi Sawit dan CPO, tak hanya itu bersamaan dengan hal ini juga ada pembangunan Pabrik Minyak Goreng dan Pengolahan Kornel atau Biji Sawit yang ada di Kabupaten Seluma. Harga Sawit akan meningkat dengan dipasarkan langsung melalui Pulau Baai karena sebelumnya dipasarkan melalui Teluk Bayur dan Belawan yang menyebabkan terjadinya potongan harga.

B. Karet

Komoditi karet, Rohidin telah melakukan pembahasan sebelumnya bersama Bupati terkait terkait Pembangunan Pabrik Karet di Seluma dan Bengkulu Utara dengan mengolah hasil panen menjadi lempengan agar bisa diekspor ke Korea dan India sebagai eksportir terbesar. Hal ini juga untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Rencana ini telah berprogres, insvestor siap, dan harga karet akan naik secara signifikan dengan beroperasinya pabrik ini nantinya.

4. Nelayan

Pada sector perikanan Rohidin juga melakukan perlindungan kepada Nelayan tidak hanya di Mukomuko namun juga seluruh Provinsi Bengkulu diantaranya :

– Pelayanan Surat Izin Penangkapan, Penangkapan, Pelayaran secara Gratis untuk Nelayan, setiap nelayan yang teregister akan mendapat perlindungan seperti jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka Nelayan akan menerima asuransi, pengamanan, pencarian yang masif karena terdata jelas.

– Mengeluarkan izin Penangkapan Benih-benih Lobster dengan syarat mengurus Kartu Pengenal.

 

Berikut ulasan 18 Program Kerja Rohidin-Rosjonsyah jika dipercaya kembali memimpin Provinsi Bengkulu :

1. Kartu Bengkulu Sejahtera yang diperuntukkan bagi masyarakat Bengkulu yang belum mendapatkan kartu Indonesia sehat maupun kartu Indonesia Pintar,
2. Pembebasan pajak kendaraan bermotor roda dua,
3. Pemberian tunjangan daerah peningkatan uang makan dan TPP bagi ASN dan honorer Provinsi Bengkulu,
4. SPP gratis bagi siswa SMA, SMK dan SLB serta pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi,
5. Listrik gratis bagi rumah tangga dengan daya 450 KWH,
6. Pemberian gas ukuran 3 kg gratis untuk masyarakat berpenghasilan rendah,
7. Peningkatan kesejahteraan bagi guru TK dan PAUD se-Provinsi Bengkulu,
8. Pembangunan stadion mini di setiap kecamatan di wilayah Provinsi Bengkulu,
9. Peningkatan dan penyeragaman honor Imam khotib dan Bilal serta Pimpinan rumah ibadah lainnya yang dibayarkan melalui rekening Bank Bengkulu,
10. Peningkatan dan penyeragaman penghasilan tetap Kepala Desa, Perangkat Desa dan BPD,
11. Pengadaan alsintan gratis untuk petani berupa handtraktor, Cultivator, Mesin air, Power Thresher, dan Hand sprayer,
12. Menjaga stabilisasi dan meningkatkan harga komoditas perkebunan terutama karet kopi dan sawit,
13. Membeli dan menampung hasil produk pertanian dengan harga yang layak pada saat panen berlimpah dan harga di pasar murah dan membuat gudang di seluruh kabupaten kota se Provinsi Bengkulu,
14. Menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi untuk petani,
15. Penurunan status kawasan hutan menjadi hutan sosial kemasyarakatan dan hutan adat untuk para petani pekebun Provinsi Bengkulu,
16. Membangun pelabuhan perikanan, pabrik es, pemberian izin usaha dan Alat tangkap gratis,
17. Membangun kebebasan pers perlindungan hukum dan peningkatan kompetensi wartawan,
18. Menjaga nilai-nilai budaya dan sejarah Bengkulu serta mengembangkan industri kreatif.