JAKARTA – Pemerintah Australia mendukung upaya penanganan Covid-19 Indonesia dengan menyediakan paket alat-alat pelindung diri (APD), termasuk sarung tangan, gaun medis, masker, dan termometer, senilai AUD2 juta (sekira 21,5 miliar) kepada TNI. Bantuan itu adalah bagian dari Program Kerja Sama Pertahanan yang sudah ada antara Indonesia dan Australia.

Menteri Pertahanan Australia, Senator Linda Reynolds mengatakan Indonesia dan Australia adalah mitra dan sahabat lama yang berbagi ikatan yang kuat dan sejarah kerja sama yang dalam, terutama pada saat-saat yang dibutuhkan.

“Covid-19 membawa tantangan baru dan masa ketidakpastian bagi kedua negara kita. Seperti Australian Defence Force (ADF) di Australia, TNI memainkan peran penting dalam mendukung respons nasional Indonesia terhadap COVID-19,” kata Menteri Reynolds seperti dikutip dalam keterangan pers Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Sabtu (29/8/2020).

“Sama seperti Indonesia membantu kami semasa krisis kebakaran hutan awal tahun ini, kami senang dapat membantu teman-teman Indonesia di masa-masa yang tidak pasti ini.”

Angkatan Udara Australia (Royal Australian Air Force, RAAF) akan mendukung pengiriman APD ke pangkalan Angkatan Udara Halim di Jakarta. Kementerian Pertahanan Australia juga bekerja sama dengan TNI untuk berbagi pengetahuan dan pelajaran dari respons nasional kita terhadap Covid-19.