Ekonomi – PT KAI Commuter sebagai operator KRL Commuter Line Jabodetabek tetap mengoperasikan layanan KRL pada hari Natal 25 Desember besok, sesuai dengan jam operasi masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2021. Sebanyak 964 perjalanan KRL Commuter Line dengan 91 rangkaian kereta per harinya akan dijalankan.

“Waktu layanan KRL adalah mulai pukul 04.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, Kamis (24/12).

Anne menyebutkan, pihaknya mencatat jumlah pengguna KRL mencapai 2.154.635 selama enam hari pertama pelaksanaan masa Angkutan Natal dan Tahun Baru ini. Terhitung sejak 18 – 23 Desember 2020.

“Atau rata-ratanya, dalam sehari ada 359.106 masyarakat yang memanfaatkan jasa angkutan KRL Jabodetabek,” kata Anne.

Dalam pantauan KAI Commuter, kondisi seluruh stasiun KRL hingga hari ke-enam masa pelaksanaan Angkutan Natal dan Tahun Baru terpantau lancar dan dan tertib.

“Selama libur panjang pada perayaan Natal dan Tahun baru kali ini, protokol kesehatan dan aturan tambahan dalam menggunakan KRL tetap berlaku,” ujarnya.

Selain itu, seluruh rangkaian kereta setiap harinya juga dicuci dan disemprot cairan disinfektan usai beroperasi. KAI Commuter juga memasang wastafel tambahan di 80 stasiun yang melayani KRL untuk memudahkan pengguna mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL.

Kemudian, ada aturan-aturan tambahan yang berlaku. Para lansia atau yang berusia 60 tahun ke atas, hanya bisa menggunakan KRL di luar jam sibuk yaitu pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB. Sedangkan balita sampai saat ini masih dilarang untuk naik KRL.