Internasional– Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Joe Biden menyampaikan pada Senin, penolakan Presiden Donald Trump untuk mengaku kalah dan berkoordinasi untuk proses transisi kekuasaan bisa menyebabkan lebih banyak kematian akibat Covid-19.

Pemerintahan Trump belum secara resmi mengakui Biden sebagai presiden terpilih, yang berarti bahwa Biden dan timnya tak mampu mengakses pemaparan intelijen terkait isu keamanan nasional, termasuk menyusun rencana distribusi vaksin Covid-19 potensial.

“Lebih banyak orang bisa mati jika kita tidak berkoordinasi,”jelas Biden dalam sebuah konferensi pers di kampung halamannya di Wilmington, Delaware, dikutip dari Deutsche Welle, Selasa (17/11).

“Jika kita harus menunggu sampai 20 Januari untuk mulai perencanaan itu, itu akan membuat kita tertinggal selama satu bulan, satu setengah bulan. Dan jadi itu penting dilakukan, bahwa ada koordinasi sekarang,”lanjutnya.

“Saat Anda memerangi Covid, kita harus memastikan bisnis dan pekerja memiliki alat, sumber daya dan pedoman nasional serta standar kesehatan dan keselamatan untuk beroperasi dengan aman.”

Mengenai penolakan Trump untuk menyerah dan mengaku kalah, Biden mengatakan hal tersebut lebih memalukan bagi negara.

Ancaman Musim Dingin
Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris juga mengadakan rapat virtual dengan para pemimpin serikat dan kepala perusahaan termasuk General Motors dan Gap Inc.

Selama berdiskusi dengan para pemimpin buruh dan bisnis, Biden mengatakan semua pihak sepakat diperlukan lebih banyak tindakan skala nasional untuk membantu membendung penyebaran virus dan sejumlah pekerjaan perlu dilakukan untuk menangani merosotnya perekonomian akibat pandemi.

Mantan wakil presiden ini juga mendesak Kongres untuk mengesahkan undang-undang bantuan pandemi dan mendorong pengembangan lebih lanjut vaksin Covid-19.

“Kita akan memasuki musim dingin yang sangat gelap. Segalanya akan menjadi lebih sulit sebelum menjadi lebih mudah,” ujarnya.

Biden juga menyindir anggota pemerintahan saat ini seperti Scott Atlas, penasihat kesehatan Trump, yang mendesak warga Michigan untuk “bangkit” melawan langkah-langkah pencegahan Covid-19.

“Ada apa dengan orang-orang ini? Benar-benar tidak bertanggung jawab,” lontar Biden.