DAERAH- Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, pembelajaran di seluruh sekolah termasuk provinsi Bengkulu dilaksanakan secara daring. Hambatan dalam model pembelajaran berbasis online ini terus diminimalisir agar sistem belajar tidak tatap muka langsung tetap berjalan optimal.

Hal ini disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Jajaran SMA IT IQRA Kota Bengkulu di Jalan Mewan Sawah Lebar Bengkulu, Selasa (05/1/2021).

 

 “silaturrahmi bersama jajaran SMA IT IQRA Kota Bengkulu sekaligus membahas progres pembelajaran daring saat ini,”jelas Rohidin pada Rakor yang membahas proses pembelajaran online yang masih berlangsung di tahun 2021 ini.

“Seperti yang dipaparkan oleh beberapa perwakilan guru tadi, mereka telah menyampaikan kepada saya akan langkah-langkah apa saja yang dilakukan dalam menciptakan metode komunikasi yang baik agar dapat membuat anak didik bisa menyerap ilmu walau tanpa bertatap muka secara langsung,”ungkap Rohidin.

Rohidin berharap, kreativitas dalam sistem belajar daring terus ditingkatkan dan dievaluasi agar anak didik tidak mudah bosan. Sehingga mereka mudah menerima ilmu.

“Pastinya apabila anak didik senang dan menikmati maka akan sangat mudah pelajaran itu diserap,” tegasnya.

Selain membahas tantangan pembelajaran daring, Rohidin juga menyampaikan adanya peluang besar bagi seluruh sekolah di provinsi Bengkulu, anak didiknya dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ternama di Indonesia. Termasuk anak didik di SMA IT IQRA Kota Bengkulu.

“Kemarin saya sudah membangun komunikasi ke beberapa perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Hal ini tidak lain bertujuan bagaimana mencari peluang agar anak-anak Bengkulu diberikan kesempatan dalam melanjutkan studi di perguruan tinggi tersebut. Karena ini juga dapat menjadi ukuran juga bagaimana sekolah mampu berkompetisi dengan daerah lainnya,” jelasnya.

Lanjut Rohidin, beliau meminta kepada pihak sekolah untuk ikut pro aktif dalam mencari peluang melalui jalur-jalur yang dapat dipergunakan dan mempersiapkan anak didik secara akademik yang baik.

“Dengan semakin banyaknya putera-puteri Bengkulu yang dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri ternama, saya yakin Provinsi Bengkulu semakin dilihat, karena memiliki potensi generasi muda berprestasi yang mampu membangun Provinsi Bengkulu lebih maju lagi kedepannya,” harap lulusan terbaik UGM ini.

Diakhir pertemuan, Kepala Sekolah SMA IT IQRA Kota Bengkulu Sutrisno, mengucapkan rasa terima kasih kepada Gubernur Rohidin Mersyah.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Rohidin Mersyah atas kepeduliannya dengan membuat terobosan baru bagi sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Bengkulu. Jujur saja, selama ini pihak sekolah berupaya sendiri dalam membangun jaringan kepada Perguruan Tinggi Negeri terkemuka di Indonesia dan itu sangat sulit. Tapi kali ini Gubernur kita mau ikut serta dan turun tangan langsung menjalin relasi tersebut. Mudah-mudahan sesuai harapan kita bersama, nantinya Provinsi Bengkulu bisa semakin maju dengan menciptakan generasi muda berprestasi kedepannya,” pungkas Sutrisno.