Bengkulu, – Rabu (02/12/12), Pelaksana Tugas Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Provinsi Bengkulu Supran, menghadiri sekaligus membuka kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di ruang Pola Kantor Gubernur Bengkulu.

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ini diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Dewan Pers. Dimana sebanyak 12 peserta yang akan mengikuti tes yang berlangsung selama 2 hari.

Dalam sambutannya, Supran menyampaikan kepada seluruh peserta yang mengikuti UKW Angkatan XII haruslah memiliki kesiapan diri yang matang agar nantinya dapat dinyatakan lolos dan siap menjadi wartawan bersertifikat yang kompeten.

“Ini merupakan salah satu indikator bagi juru warta yang profesional, dimana dalam ujian ini yang diuji pengetahuan kode etik jurnalistik. Harapannya, nantinya wartawan yang sudah dinyatakan lolos dapat meningkatkan profesionalisme dalam memberikan informasi positif kepada masyarakat,” ungkap Supran.

Lanjut Supran, Pembangunan Daerah di Provinsi Bengkulu tidak lepas dari peran pers selama ini. Dan Pemprov Bengkulu sangat mengapresiasi penuh, serta berkomitmen dalam upaya peningkatan kapasitas wartawan berkompeten di Provinsi Bengkulu.

“Memfasilitasi pelaksanaan UKW ini merupakan salah satu bentuk dukungan kita kepada peserta yang akan berjuang untuk mendapatkan sertifikat PWI. Saya ucapkan selamat berjuang dan tetap semangat membangun Provinsi Bengkulu,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu Zacky Antoni, menjelaskan banyak wartawan saat ini hanya melakukan copy paste dengan menekan kontrol+C di keyboard ataupun handphonenya lalu mengubah judul dan lead karya orang yang sudah ada.

“Seharusnya para wartawan harus bangga dengan hasil karya sendiri dibandingkan hanya melakukan penjiplakan karya orang lain. Maka dengan adanya UKW ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para wartawan agar menjadi profesional dan berimbang dalam pemberitaan,” papar Zacky.

Terkait jumlah peserta UKW Angkatan XII, diakui Zacky sangat sedikit dibandingkan dengan UKW sebelumnya.

“Sebenarnya pelaksana UKW ini akan diselenggarakan pada bulan Maret/April Tahun 2021 karena mengingat kondisi pandemi saat ini. Namun, dengan banyaknya usulan dari rekan wartawan kita, hingga akhirnya terselenggaralah UKW Angkatan XII yang cukup berbeda dari sebelumnya yakni dengan mengurangi kapasitas peserta dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.