Daerah- Kasus COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur mulai menunjukkan penurunan kasus aktif dengan banyaknya pasien sembuh berdasarkan rilis harian satuan tugas COVID-19 wilayah setempat pada Ahad.

Juru bicara satgas COVID-19 Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak mengatakan kasus kesembuhan terjadi penambahan sebanyak 165 kasus.

Sedangkan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 juga ikut bertambah sebanyak 155 kasus.

“Update kasus harian kali ini lebih didominasi kasus kesembuhan, semoga kondisi ini bisa kita pertahankan,” kata Andi dalam keterangan resmi di Samarinda.

Dia menyebutkan akumulasi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kaltim mencapai 24.080 kasus.

Sedangkan dari kasus tersebut sebanyak 20.328 kasus telah dinyatakan sembuh.

Tambahan kasus sembuh sebanyak 165 kasus terjadi di Berau 11 kasus, Kutai Kartanegara 40 kasus, Kutai Timur 40 kasus, Paser 22 kasus, Balikpapan 37 kasus dan Bontang 12 kasus.

Sedangkan tambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 155 kasus terjadi di Berau 14 kasus, Kutai Barat 7 kasus, Kutai Kartanegara 32 kasus, Kutai Timur 13 kasus, Mahakam Ulu 1 kasus, Paser 9 kasus, Penajam Paser Utara 1 kasus, Balikpapan 50 kasus dan Bontang 12 kasus.

Andi turut melaporkan tambahan pasien COVID-19 meninggal dunia sebanyak sepuluh orang dengan rincian enam orang di Kutai Kartanegara, dua orang di Samarinda dan sisanya di Kutai Timur dan Balikpapan.

” Kasus kematian terus mengalami penambahan dan saat ini sudah ada sebanyak 677 orang meninggal akibat virus corona di wilayah Kaltim,” kata Andi.

Dia juga menginformasikan pasien COVID-19 yang masih dalam perawatan baik secara mandiri maupun isolasi di Rumah Sakit sebanyak 3.075 orang.

” Kami terus mengingatkan bahwa perkembangan kasus COVID-19 masih tinggi, masyarakat harus makin sadar dan waspada dengan mematuhi protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dalam setiap aktivitas,” ujarnya.