Internasional- Menyusul pengumuman Presiden AS Donald Trump yang menyampaikan dirinya dan ibu negara Melania Trump positif virus corona, sejumlah harapan agar orang nomor satu di AS itu segera pulih berdatangan dari sejumlah pemimpin dunia.

Tak hanya itu, saingannya dalam pemilihan presiden 2020, Joe Biden juga menyampaikan harapan dan doa agar Trump dan ibu negara segera sembuh.

“Jill dan saya mengirim doa kepada Presiden Trump dan Ibu Negara Melania agar cepat sembuh. Kami akan terus mendoakan kesehatan dan keselamatan presiden dan keluarganya,” ucapnya melalui Twitter, dilansir CNN, Jumat (2/10).

Trump dan Biden belum lama ini bertemu dalam arena debat pertama capres AS. Keduanya saling melontarkan serangan pribadi dan debat penuh dengan sanggahan dari kedua kandidat. Bahkan Biden menyebut debat pada Selasa malam itu sebagai “aib nasional”.

Biden juga diperkirakan akan menjalani tes virus corona pada Jumat pagi waktu AS, menurut salah satu sumber yang mengetahui rencana ini.

Saat ini, Trump dan Melania tengah menjalani karantina. Trump menyampaikan pengumuman tersebut melalui Twitter pada Kamis malam waktu AS.

“Malam ini, @FLOTUS (ibu negara AS) dan saya dites positif Covid-19. Kami akan mulai karantina kami dan proses penyembuhan secepatnya. Kami akan melalui ini BERSAMA,” tulis Trump di Twitter.

Trump Alami Gejala Ringan

Seorang pejabat Gedung Putih menyampaikan pada Jumat pagi, Presiden Trump mengalami gejala ringan, tapi tetap bekerja dari kediamannya di Gedung Putih. Demikian dilansir AP, Jumat (2/10).

Diagnosis Trump pasti memiliki efek destabilisasi di Washington dan di seluruh dunia, menimbulkan pertanyaan tentang seberapa jauh virus telah menyebar melalui tingkat tertinggi pemerintah AS.

Beberapa jam sebelum Trump mengumumkan dia telah tertular virus, Gedung Putih mengatakan seorang pembantu utama yang bepergian bersamanya selama sepekan telah dinyatakan positif.

Wakil Presiden Mike Pence dites negatif virus corona pada Jumat pagi dan tetap dalam keadaan sehat, kata juru bicaranya.

Sejumlah pejabat Gedung Putih akan dites pada Jumat, tapi skala penuh wabah di sekeliling presiden bisa jadi tak diketahui untuk beberapa waktu karena membutuhkan beberapa hari infeksi bisa terdeteksi oleh tes Covid-19. Pejabat tersebut mengatakan, para pejabat bersama Unit Kedokteran Gedung Putih masih dalam proses menelusuri kontak presiden.

Pejabat ini menambahkan, Trump sedang mempertimbangkan bagaimana dia dapat berbicara kepada rakyat atau berkomunikasi dengan warga Amerika pada Jumat.