POLITIK – Tahun 2020 akan segera berakhir. Di tahun 2021 mendatang, PDIP berharap semangat persatuan bangsa membuat Indonesia semakin maju.

“Harus ada visi persatuan yang lebih kuat untuk menjadikan Indonesia maju,” kata Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, dalam rilisnya, Kamis (31/12).

Hasto mengatakan, Indonesia menghadapi sejumlah tantangan besar pada 2020. Mulai dari Covid-19, penyelenggaraan Pilkada Serentak, dan politik identitas yang menguat. Namun, berkat kebersamaan, semua hal tersebut berhasil dilewati sebagai bangsa.

Oleh karena itu, Hasto berharap 2021 terjadi pembaruan dalam dinamika politik di Indonesia yang membawa kemajuan. Seperti upaya memperkaya keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia, dan menguasai ilmu teknologi terhadap anak bangsa, lebih baik lagi.

“Tidak ada negara sekaya Indonesia dalam keanekaragaman flora dan fauna, serta kekayaan alam dan pemuda Indonesia harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, menguasai ilmu-ilmu dasar agar Indonesia semakin berdikari,” ungkap Hasto.

Tak lupa, Hasto juga mengajak semua pihak melakukan refleksi dan berdoa untuk menutup tahun ini.