Lifestyle- Berolahraga di pusat kebugaran atau gym, sempat harus ditiadakan selama masa pandemi Covid-19. Para ahli mengatakan bahwa gym menjadi salah satu lokasi berisiko penularan virus coron Covid-19.

Namun kini beberapa tempat gym sudah mulai aktif kembali. Dengan syarat harus mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Terdapat beberapa tips aman supaya tetap terjaga dari paparan virus corona.

Berikut tips aman nge-gym, dilansir dari Live Strong.

Tips Aman Nge-Gym di Masa Pandemi

1. Pilih Tempat Gym yang Aman

tips aman nge gym di masa pandemi

Tips aman selama pandemi Covid-19 saat di pusat kebugaran atau tempat gym, pastikan Anda memilih yang terjamin kebersihannya. Menurut Stephen Berger, MD, dewan bersertifikat penyakit menular dan mikrobiologi klinis, kontak sekian kali dengan permukaan terkontaminasi seperti barbel angkat beban bisa mentransfer bakteri, virus.

Bahkan parasit yang tidak terlihat bisa masuk ke dalam kulit dan pakaian. Pilih lokasi yang mematuhi protokol kesehatan secara ketat, demi keselamatan bersama.

2. Membawa Perlengkapan Sendiri

tips aman nge gym di masa pandemi

Cara selanjutnya yang perlu diperhatikan ialah membawa peralatan penting sendiri. Ingat untuk membawa sanitizer, handuk, masker, pelindung wajah, dan sabun sendiri. Serta selalu ingat menjaga jarak hingga 2 meter dan mencuci tangan.

3. Lakukan Desinfektan pada Alat

tips aman nge gym di masa pandemi

Apabila memungkinkan untuk melindungi Anda dan orang lain, sterilkan dahulu alat yang hendak dipakai. Lap peralatan atau semprot dengan cairan desinfektan sebelum dan sesudah menyentuh alat yang digunakan, kata Dr. Elliott.

4. Mandi di rumah

tips aman nge gym di masa pandemi

Supaya lebih aman lagi, Anda bisa merubah kebiasaan dengan mandi di rumah saja. Meski terbilang cukup aman, tidak ada salahnya untuk tidak di luar rumah terlalu lama.

“Jika sebelumnya Anda selalu mandi di tempat kebugaran, kali ini sebaiknya Anda mandi di rumah saja. Dan jangan lupa segera mencuci pakaian olahraga Anda sesegera mungkin,” kata Dr. Berger.

Sementara waktu jika masih ragu, Anda bisa melakukan olahraga di rumah, seperti workout, senam atau skipping. Sampai merasa benar-benar yakin untuk pergi ke pusat kebugaran atau tempat gym